Jumat, 04 Oktober 2019

BAHASA KOREA - 19/10/05 SABTU ,(으) ㄹ 게요,(으)ㄹ래요,(으)ㄴ/는데,

(으) ㄹ 게요 akan
digunakan dalam kondisi berjanji atau membuat 
komitmen untuk melakukan sesuatu

malam ini saya akan tidur lebih awal
오늘 밤에 일찍 잘게요
o/nel/ ba/me/ il/jjik/ jal/ke/yo

saya akan mengirim paket
소포를 보내 줄게요
so/po/rel/ bo/ne/ jul/ke/yo

aku akan memberikan bunga kepada ibu
엄마한테 꽃을 줄게요
om/ma/ han/te/ kko/cul/ jul/ke/yo

saya akan membeli kopi
제가 커피를 사 줄게요
je/ga/ kho/pi/rel sa/ ju;/ke/yo

saya akan mencuci piring
설거지를 할게요
sol/go/ji/rel/ hal/ke/yo

saya akan menelpon kepada guru kim/pak kim
김 선생님께 전화할게요
kim / son/seng/nim/ kke/ jon/hwa/hal/ke/yo

setelah makan siang saya akan datang lagi
점심 시간 후에 다시 올게요
jom/sim/ si/gan/ hu/e/ ta/si/ ol/ke/yo

(으) 러 가다/오다datang untuk..pergi untuk
untuk menyatakan tujuan dan kegiatan yang akan 
dilakukan dari suatu perpindahan. ditambahkan 
kata kerja dan keterangan tempat

saya pergi ke perpustakaan sekolah untuk mengerjakan tugas(PR)
숙제를 하러 학교 도서관에 가요
suk/cje/rel/ ha/ro/ hak/kyo/ do/so/gwan/e/ ka/yo

saya pergi ke kamar kecil untuk mencuci tangan
손을 씻으러 화장실에 가요
so/nel/ ssi/se/ro/ hwa/jang/si/re/ ka/yo

saya datang ke kantin karyawan untuk makan siang
점심을 먹으러 회사 식당에 와요
jom/sim/el/ mo/ke/ro/ hwi/sa/sik/dang/e/ wa/yo

saya pergi ke tempat kursus untuk belajar memasak
요리를 배우러 학원에 다녀와요
yo/ri/rel/ be/u/ro/ hak/wo/ne/ da/nyo/wa

saya pergi ke warnet/PC untuk bermain game di komputer
컴퓨터 게임을 하러 PC방에 와요
khom/pyu/to/ ge/i/mel/ ha/ro/ P/C/bang/e/ wa/yo

saya pergi ke tempat laundry untuk mencuci baju
옷을 빨래하러 세탁소에 가요
ot/sel/ ppal/le/ha/ro/ se/tak/so/e/ ka/yo

saya pergi ke rumah sakit untuk bekerja
일하러 병원에 다녀와요
ir/ha/ro/ byong/won/e/ da/nyo/wa/yo

(으)ㄹ래요maukah?
menanyakan pendapat lawan bicara untuk melakukan suatu kegiatan dapat juga digunakan untuk mengajak secara halus


besok pagi mau olahraga ditaman ga ?
내일 아침에 공원에서 운동할래요?
ne/il/ a/chim/e/ gong/won/e/so/ un/dong/hal/le/yo

mau nonton film horor ga ?
공포 영화를 볼래요?
gong/pho/ yong/hwa/rel bol/le/yo

mau terima hadiah ini ga ?
이 선물을 받으래요?
i/ son/mur/el/ ba/de/le/yo

hari sabtu mau ga datang ke rumah ku?
토요일에 우리 집에 올래요?
to/yoil/e/ u/ri/ ji/be/ ol/le/yo

mau buat kue beras ga ?
떡볶이를 만들래요?
tok/pok/ki/rel/ man/del/le/yo

(으)ㄴ/는데 tapi
digunakan bersama kata kerja dan kata sifat
bisa juga bermakna menegaskan suatu hal

주스가 없는데 차를 마실래요?
tidak ada jus tapi mau minum teh ga ?
ju/se/ga/ ob/nen/de/ ca/rel/ ma/sil/le/yo

orang ini adalah temanku dan sekarang dia berada di australia
이 사람은 제 친구이는데 호주 있어요
i/sa/ram/en/ cje/chin/gu/i/nen/de/ ho/ju/ is/so/yo

kemarin aku membeli baju dan aku tidak menyukainya
어제 옷을 사는데 마음에 안 들어요
o/je/ ot/sel sa/nen/de/ ma/em/e/ an/de/ro/yo

sepatu olahraga ini agak sedikit mahal tapi apakah kau akan membelinya?
이 운동화가 좀 비싼데 살 거예요?
i/un/dong/hwa/ga/ jom/ pi/ssan/de/ sal/ko/ye/yo

cuaca hari ini bagus tapi mau pergi kemana ?
날씨가 좋은데 어디에 갈까요?
nal/ssi/ga/ jo/hen/de/ o/di/e/ kal/kka/yo

SOURCE : SIMPLE MASTER KOREAN GRAMMAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

슬픈가 또는 기쁜가?

실제로는 이 인생은 진짜 힘들고 버티도 참지 않다. 그래도,나도 어떻게 해야 하는지도 모르겠어요. 피곤도 하고 다 해야 할때도 사실,내가 그 일을 안 해도 돼 지금까지 직업도 없고 사람한테 항상 의지하는거 그것도 싫어서 의지하는 사람들한테 나도 아무것...