Rabu, 08 Desember 2021

Tata Bahasa Korea Materi 15

 MATERI 15


잖아요...kan


KK/KS + 잖아요


 >> ungkapan pembicara untuk memberitahukan atau memperjelas sesuatu 

>> atau kondisi sudah banyak diketahui oleh lawan bicara


1. 둘이 수학을 많이 열심히 공부하잖아요

2. 낮잠을 자고 있잖아요

3. 하루 씨가 얼굴을 너무 잘생겼잖아요

4. 아까부터 학교에서 갔잖아요


1. Kalian berdua banyak belajar matematika dengan giat kan

2. aku kan sedang tidur siang

3. wajah Haru kan sangat tampan

4. aku daritadi kan sudah pergi ke sekolah


자마자 segera/setelah


KK + 자마자


>> digunakan antara kegiatan dan satu kegiatan dilakukan

>> dengan jeda waktu hampir tidak ada


1. 학교에 가기 전에 도착하자마자 도서관에서 책이 읽으러 갔어요

2. 세시에서 깨워자마자 외국인어를 공부하게 됐어요

3. 아르바이트를 일을 끝나자마자 집에 들어가요

4. 샤워를 하자마자 옷을 갈아입어요


1. Setelah tiba disekolah aku segera pergi ke perpustakaan untuk membaca buku 

2. setelah bangun dari jam 3 pagi aku segera belajar bahasa asing

3. Setelah selesai paruh waktu aku segera pulang ke rumah

4. setelah mandi aku mengganti pakaian


KK + 게 하다 membuat menjadi


>> ekspresi pembicara yang memberikan perintah/anjuran

>> agar lawan bicara memberikan/melakukan sesuatu yang dikehendaki pembicara.


1. 부지런 공부하면 좋은 점 받게 해요

2. 할 일이 많이 생각하게 해요

3. 회사에서 서류를 곧 제출하게 해요

4. 김치를 마트에 볼 때 사게 해요


1. Jika belajar yang rajin akan membuatmu mendapatkan nilai yang bagus

2. Membuatku harus berpikir tentang banyak hal yang harus kulakukan

3. Aku harus segera jadi menyerahkan dokumennya

4. Saat aku melihat kimchi membuatku jadi membelinya


았/었어 dahulu

>> menerangkan sebuah kejadian dimasa lampau dan kondisinya akan berubah suatu waktu


KK/KS Akh. Vokal ㅏ,ㅗ + 았었어

KK/KS Akh. Selain Vokal ㅏ,ㅗ + 었었어

KK/KS Akh. 하다 + 했었어


1. 옛날에 중국어를 많이 배웠지만 한국말 배우고 있습니다

2. 옛날에 저는 뚱뚱했지만 지금 날씬해졌어요

3. 작년에 이 고향에 방문한 사람이 거의 없었었는데 지금 많아졌어요

4. 대학교에 입학기 하면 신발 샀었으러 가야 돼요


1. Dulu aku belajar banyak bahasa Cina, tapi aku belajar bahasa Korea.

2. Dulu aku gemuk, tapi sekarang aku jadi kurus.

3. Hampir tidak ada yang mengunjungi kampung halaman ini tahun lalu, tapi sekarang sudah banyak.

4. Saat masuk universitas, aku harus membeli sepatu.



던 yang sering


KK + 던 


>> menyampaikan tindakannya yang dahulu sampai sekarang yang sering berulang ulang dilakukan


1. 마시던 사과주스 없어였어요

2. 자주 가던 그라메디아에서 한국어 책이 샀어요

3. 요리사는 아보카도를 자르던 주달라고 했어요

4. 먹던 동생 생일 케이크를 고양이들 다 먹었더라고요


1. Tidak ada jus apel yang aku minum.

2. Aku membeli buku bahasa Korea di Gramedia yang sering aku kunjungi.

3. Koki meminta kita untuk memotong alpukat.

4. Semua kucing memakan kue ulang tahun adikku.



았/었던 yang dulu sering

>> menyampaikan pengalaman yang pernah dialami dan kondisinya tidak berubah.


KK Akh. Vokal ㅏ,ㅗ + 았던

KK Akh. Selain Vokal ㅏ,ㅗ + 었던

KK Akh. 하다 + 했었던


1. 중학교 때 제 그림 그렸었던 잃버렸어요

2. 중학교 친구를 만났었던 지금 더 이상 못 만나요

3. 영어를 공부했었던 지금 다른 언어를 배우고 있어요


1. Aku sering kehilangan gambarku saat SMP.

2. Aku yang sering bertemu teman SMP, tapi sekarang aku tidak bisa bertemu lagi.

3. Aku yang sering belajar bahasa Inggris dan sekarang aku belajar bahasa lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

슬픈가 또는 기쁜가?

실제로는 이 인생은 진짜 힘들고 버티도 참지 않다. 그래도,나도 어떻게 해야 하는지도 모르겠어요. 피곤도 하고 다 해야 할때도 사실,내가 그 일을 안 해도 돼 지금까지 직업도 없고 사람한테 항상 의지하는거 그것도 싫어서 의지하는 사람들한테 나도 아무것...