Selasa, 16 April 2019

Belajar Bahasa Korea Bersama Orang Korea Asli

1.아침에 잠들어서 오후에 깼어
Achime jamderoso ohue kkeso
- aku tuh tidur tadi pagi..makanya,aku baru ke bangun pas udah siang.

Kosakata :
♥아침 achim - pagi (kata keterangan waktu)
♥ 잠들 jamdel - tidur
♥오후 ohu - siang (kata keterangan waktu)
♥깨다 kkeda - bangun tidur

Partikel
♥에 e (kata keterangan tempat)
♥어서 oso (menyatakan suatu alasan *KARENA/JADI *

2.바쁘면 나중에 통화해
Bapemyon najunge thonghwahe
Kalo kamu sibuk teleponnya/videocallnya nanti aja

Kosakata :
※바쁘다 bapeda - sibuk
※나중에 najunge - nanti
※통화해 thonghwahe - menelpon
++
※통화영상thonghwayongsang - videocall

Tata Bahasa Korea :
-면 myon - kalau/seandainya/jika
++
-(으)면 sama artinya seperti diatas.

3.미안 나 자고 있었어
Mian na jago issosso
Maaf ya, tadi aku sedang tidur..

Kosakata :
@미안하다 mianhada - maaf
@나 na - aku (informal)
@자다 jada - tidur
@있다 itta - ada

Tata Bahasa Korea :
았/었/였/했 att/ott/yott/hett (bentuk masa lampau/past tense)

4.어제 잠 안잤어
Oje jam an jasso
Kemarin aku sedikit ga bisa tidur

Kosakata :
*어제 oje - kemarin
*참 cham - benar-benar
*안 an - tidak
*자다 jada - tidur

5.오늘 아침에 잤어
Onel achime jasso
Hari ini tadi pagi aku tidur

Kosakata :
<>오늘 onel - hari ini
<>아침 achim - pagi
<>자다 jada - tidur

Partikel keterangan tempat(lokasi) :
에 e - di/ke/pada

6저는 시간이 바꼈어
Jonen sigani bakyosso
Aku mengubah (jam tidurku)

Kosakata :
#저 jo - saya (formal)
#시간 sigan - jam/waktu
#바꾸다 bakkuda - mengubah

Partikel subyek :
았/었/였/했 att/ott/yott/hett (bentuk masa lampau)

7.드라마 보면서 듀어링고해
Derama bomyonso dyuolinggo he
Aku nonton drama sambil belajar bahasa di duolinggo

Kosakata :
①드라마 derama - drama
②보다 boda - melihat/menonton
③듀어링고 dyuolinggo
④하다 hada - melakukan

8.왜? 대답안해요? 싫어요?
We? Dedabanheyo? Siroyo?
kenapa ga dijawab ? Ga mau?

Kosakata :
왜 we - mengapa?/kenapa?
대답하다 dedabhada - menjawab
안 an - tidak
싫다 silta - tidak mau/tidak suka

9.넌 뭔가 그렇게 바빠?
Non mwonga gerohke bappa?
Kamu sibuk dengan suatu pekerjaan kah?

Kosakata :
넌 non - kamu (informal)
뭐 mwo - apa
그렇다 gerotta - itu/begitu
바쁘다 bapeda - sibuk

10.그럼 쉬어
Kerom swio
kalo begitu istirahatlah

Koskata :
그럼 kerom - lalu
쉬다 swida - istirahat

11.너 바쁘잖아..
no bappucjanna..
Kamu sibuk kan?

Kosakata :
너 no - kamu (informal)
바쁘다 bapeda - sibuk

Tata Bahasa Korea :
~잖아/잖아요 ~cjanna/cjannayo - iya kan? Bukan? 'Kan?

                         - 울안96 -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

슬픈가 또는 기쁜가?

실제로는 이 인생은 진짜 힘들고 버티도 참지 않다. 그래도,나도 어떻게 해야 하는지도 모르겠어요. 피곤도 하고 다 해야 할때도 사실,내가 그 일을 안 해도 돼 지금까지 직업도 없고 사람한테 항상 의지하는거 그것도 싫어서 의지하는 사람들한테 나도 아무것...