Sabtu, 25 Februari 2017

Waktu Predikat Bahasa Korea

걷다 VS 걸다 --> BERVARIASI

걷다(geot da) =(ber)jalan
걸(geol)= kata dasar                          --> dalam bentuk pengecualian
걸(geol)= kata dasar
걸다(geol da)= hang dalam bahasa inggris (ter)gantung


lari-->(ber) lari = 뛰  +  다 = 뛰다(twi da)

kata kerja!~ ****
1. KATA DASAR(V,A) + -다 PARTIKEL KERJA(DA)
2. KATA DASAR(N)   + -하다 PARTIKEL KERJA(HADA)

운동(un dong) -->운동 하다(un dong ha da)  = (ber) olahraga

1. kata kerja
2. kata benda
3 .kata sifat

~ Untuk membuat predikat dalam Bahasa Korea~

pertama mengenal kata dasarnya terlebih dahulu dari kata dasar tersebut tergolong kata kelas apa misalnya :

1. kata kerja      + - 다(da)
2. kata sifat      + - 다(da)
3. kata benda    + - 하다(hada)

- waktu lampau
- waktu yang sedang melakukan
- waktu yang akan datang

kata kerja = kata dasar + partikel kata kerja

contoh:

가   +  다(ka da)-->Pergi

먹   +  다(meok da)-->Makan

             
                ~ waktu yang sedang melakukan ~

kata dasar  +  - 는 중 이다(nen jung ida)
kata dasar  +  - 하는 중 이다(hanen jung  ida)

               ~waktu lampau(sudah,telah)~

bentuk kata kerja lampau :
1. kata dasar (v,a)  + -  었/았 (eot/att)

2. kata dasar (n)    + -  했다(het da)


contoh:

aku makan 나는 먹는다(na nen meok nen da)

aku lagi makan 나는 먹는 중 이다(na nen meok nen jung ida)

aku sudah makan나는 먹었다(na nen meok eot da)

                
                 ~waktu yang akan datang~


aku makan 나는 먹는다(na nen meok nen da)

aku sudah makan 나는 먹었다(na nen meok eot da)

aku lagi makan 나는 먹는 중 이다(na nen meok nen jung ida)

aku akan makan 나는 먹을 것이다 (na nen meok ul geos ida)











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

슬픈가 또는 기쁜가?

실제로는 이 인생은 진짜 힘들고 버티도 참지 않다. 그래도,나도 어떻게 해야 하는지도 모르겠어요. 피곤도 하고 다 해야 할때도 사실,내가 그 일을 안 해도 돼 지금까지 직업도 없고 사람한테 항상 의지하는거 그것도 싫어서 의지하는 사람들한테 나도 아무것...