Selasa, 28 Februari 2017

Lanjutan Kata ganti dalam Bahasa Korea

P1) Aku lagi berbicara sama adikku

jadi, lawan bicaranya harus panggil apa ke adikknya dalam bahasa korea

1. dang sin
2. neo--> jawaban

P2) Aku lagi otw ketemu sama teman dan tiba-tiba aku mengalami suatu kecelakaan
ringan yaitu mobil berjalan di depan saya tapi, itu bukan salah saya karena saya yang ditabrak oleh mobil tersebut. Akan tetapi si pemilik mobil ini emosi dan memarahi aku.

dang sin--> jawaban

neo


Dia / (ia(jika diindonesia)

그 ge

그녀 ge nyeo

@tambahan :

걔 jye,쟤 gye(tidak peduli dengan jenis kelamin)


걔 jye : pembicara dan lawan bicara sudah saling mengenal(akrab) atau sudah disebut orang itu sebelumnya


쟤 gye : pembicara dan lawan bicara terlihat(kelihatan) orang dari tempat yang lagi berbicara


contoh:

-  Aku adalah seorang cowok. Dan aku sedang jatuh dengan seorang cewek yang bernama Rina Nose. Aku lagi banyak berbicara sama temanku tentang cewek itu bahwa aku cinta sama ( 걔)


- Saya lagi belajar bahasa korea dikelas kemudian, tiba-tiba HPL laptopnya saya mati, karena disebabkan oleh teman saya yang mencabut baterainya sebab itu saya teriak -teriak sama temanku

situasi: guru bertanya pada saya kenapa saya teriak-teriak didalam kelas saya beritahu kepada guru soalnya (쟤) mencabut chargeran laptopku.

@tambahan:

*Beliau = 그분(formal)


kata ganti ganda :

kita =  uri 우리 ]termasuk lawan bicara (di Bahasa Indonesia)

kami = jeo hwie 저회 ] diluar lawan bicara (di Bahasa Indonesia)



kita =  uri 우리--> Bahasa Akrab

kami = jeo hwie 저회--> Bahasa Sopan/ sangat halus



contoh:

- Ji hae so sedang berpacaran dengan Jang jae yul

ketika Ji hae so lagi berbicara sama Jang jae yul

Jang jae yul (저회) makan Jengkol yuk!


- aku sedang ada di kantor berada didalam ruang rapat

dan tiba-tiba aku jadi sangat lapar(저회) makan dulu yuk!

sebelum rapat dimulai.


@여러분들(yeo ro bun del) terlalu formal
 
Anda sekalian 당신들(dang sin del)

kalian 너회들 (neo hwi del)(formal) 

/니네들(ni ne del) Bahasa sehari-hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

슬픈가 또는 기쁜가?

실제로는 이 인생은 진짜 힘들고 버티도 참지 않다. 그래도,나도 어떻게 해야 하는지도 모르겠어요. 피곤도 하고 다 해야 할때도 사실,내가 그 일을 안 해도 돼 지금까지 직업도 없고 사람한테 항상 의지하는거 그것도 싫어서 의지하는 사람들한테 나도 아무것...