Selasa, 27 Juni 2017

present tense아요/어요(ayo/oyo) dan past tense 았/었/였어요(att/ot/yossoyo)

present tense아요/어요(ayo/oyo) dan past tense 았/었/였어요(att/ot/yossoyo)


keterangan: 

mengapa dibelakang kalimat gongbu dan mandeul ada tambahan da?
karena, dibelakang kalimat kedua itu adalah kata kerja/partikel da (다)

kata kerja partikel da (다) dilettakan setelah kata benda yang diletakkan didepan kalimat seperti contoh dibawah ini:

kata dasar  + kata kerja /partikel(다) da 

kata dasar 공부(gongbu) +  kata kerja /partikel(다) da 하다(hada) = 공부 하다 

공부하다 kata dasar gong bu hada artinya belajar 
만들다 kata dasar mandel da artinya membuat


사다  → 사요 ⇒ 샀어요 = (I) BUY - (I) BOUGHT ( saya membeli/saya sedang membeli)
왔다→   와요 ⇒ 왔어요 = (I) COME - (I) CAME (saya datang)
적다→ 적어요 ⇒ 적었어요 = (I) WRITE- (I)WROTE (saya menulis)

하다→ 해요 ⇒ 했어요 = (I) DO - (I) DID ( saya melakukan)
먹다→ 먹어요 ⇒ 먹었어요 = (I) EAT - (I) ATE (saya makan/saya memakannya)
잡다→ 잡아요 ⇒ 잡았어요 =  (I) CAUGHT (saya tertangkap/menangkap)

팔다→ 팔아요 ⇒ 팔았어요 = (I) SELL -(I) SOLD(saya menjual/terjual)
놀다→ 놀아요 ⇒ 놀았어요 = (I) PLAY -(I) PLAYED(saya bermain/saya sedang bermain)
기다리다→ 기다려요 ⇒ 기다렸어요 (I) WAIT - (I) WAITED (saya menunggu/saya sedang menunggu)

쓰다→ 써요 ⇒ 썼어요 = (I) USED (I) WRITE - (I) WROTE(saya menulis/tertulis)
이상하다→ 이상해요 ⇒ 이상했어요 = (IT) WAS STRANGE(itu aneh)
멋있다→ 멋있어요 ⇒ 멋있었어요 = (I) WAS COOL (I) AWESOME( saya begitu keren
/saya menawan)
끝나다→ 끝나요 ⇒ 끝났어요 = (IT) FINISHED (selesaikan itu)


bagaimana sih caranya menggunakan pola present tense아요/어요(ayo/oyo) dan past tense 았/었/였어요(att/ot/yossoyo) pertama-tama kita harus mengenal terlebih dahulu kata dasar dari kalimat bahasa korea itu baru kita akan mengerti cara membuat kalimat bahasa korea dengan baik dan benar.

cara membuat grammarnya seperti ini:

agar kita bisa membuat kalimat ini dengan menggunakan present tense dan past tense pertama adalah kata kerja/partikel 다(da) harus kita hilangkan dulu agar menjadi kalimat present tense dan past tense dalam bahasa korea contoh dibawah ini:

kita tidak mungkin kan  membuat kata 웃다(utda) artinya tersenyum/tertawa menjadi seperti 웃다요/웃닸어요(utdayo/utdassoyo). kalimat yang saya tandai warna merah ini adalah pola kalimat yang salah karena dalam bahasa korea tidak ada kalimat seperti yang saya tandai warna merah ini.

maka pola kalimat yang benar adalah

웃어요/ 웃었어요 (usoyo/uso ssoyo ) tersenyum atau tertawa

웃다 = 웃 + 어요 = 웃어요 to smile:to laugh
웃다 =웃  + 었어요 =웃어요

마시(다) = 마시 + 어요 = 마셔요 (masyeoyo: minum) to drink

배우(다) = 배우 + 어요 = 배워요 (bae wo yo: belajar) to learn

semoga ini bermanfaat untuk semua penggemar segala tentang korea kpop,budaya,kesenian dan makanan korea dan yang sangat menggemari belajar bahasa korea.화이팅!~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

슬픈가 또는 기쁜가?

실제로는 이 인생은 진짜 힘들고 버티도 참지 않다. 그래도,나도 어떻게 해야 하는지도 모르겠어요. 피곤도 하고 다 해야 할때도 사실,내가 그 일을 안 해도 돼 지금까지 직업도 없고 사람한테 항상 의지하는거 그것도 싫어서 의지하는 사람들한테 나도 아무것...